2. Meluruskan Niat Menerbitkan Buku


RESUME BELAJAR MENULIS GELOMBANG 9
Pertemuan Ke-2
Hari/Tanggal               : Sabtu, 11 April 2020
Waktu                         : Pukul 19.00 s/d 21.00 WIB
Nara Sumber               : Wijaya Kusumah
Materi                          : Meluruskan Niat Menerbitkan Buku
Peresume                     : Suhastari Yuliana, S.Pd.AUD

Pemateri malam ini akrab disapa Omjay, beliau seoarang founder Belajar Menulis di WA Group PGRI. Beliau berpesan, luruskan niat dari sekarang, mulailah menulis dan menerbitkan buku. Semua peserta wajib menyelesaikan bukunya di akhir pertemuan kuliah online dan sudah mulai fokus untuk mencicil sedikit demi sedikit. Adapun buku yang akan diterbikan ada 2, pertama buku hasil resume kuliah online dari narasumber dan yang kedua buku bebas dari apa yang kita sukai dan kuasai.

Berikut tips dalam belajar :

  • ·  Ikatlah ilmu dengan cara menuliskannya dan posting di blog agar banyak orang yang membaca karya tulis kita di internet.
  • ·   Materi yang diberikan oleh para narasumber akan bagus sekali bila dibagikan kepada guru-guru yang belum sempat mengikuti program belajar menulis gratis dari PGRI.
  • ·    Biasakan berbagi ilmu dan pengalaman dalam bentuk tulisan.
  • ·    Sebaik baik manusia adalah yang mau belajar dan mengajarkannya.

Dalam menulis  yang memerlukan daftar pustaka, kita bisa mengambil buku-buku dari para nara sumber dan juga tulisan kawan kawan peserta yang bagus dan keren di blog. Itulah mengapa kita perlu untuk saling berkunjung dan berkomentar ke blog peserta lainnya. Penting untuk melakukan Blog walking  agar kita menemukan gaya menulis diri sendiri. Sebab setiap orang punya gaya menulis yang berbeda beda. Untuk menumbuhkan kreatifitas sebagai guru, maka teruslah belajar dari orang-orang yang menginspirasi, banyak membaca, menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.

Dalam menulis, kita harus mampu mengembangkan kreativitas dan imajinasi. Usahakan jangan copy paste tulisan orang lain. Sehingga apapun yang kita tuliskan menghasilkan informasi baru bagi pembaca. Buatlah setiap pertemuan kuliah online kita bermakna dan membuat kita menemukan ide segar dalam menulis. Seorang penulis boleh menulis apa yang yang disukai dan kuasai, tidak harus spesifik. Untuk menulis buku materi pembelajaran. bisa diambil dari beberapa sumber Cobalah meramu semua bahan bacaan menjadi tulisan yg lebih bermutu dan mencerahkan pembaca.

Jika ingin menerbitkan buku, maka  draft naskahnya harus sudah jadi, lengkap dengan daftar isi dan kata pengantar. Kita harus mampu meyakinkan penerbit bahwa buku yg ditulis akan banyak dibeli orang. Kalau lolos penerbit mayor ada editor dan ilustrator yang membuat buku kita semakin keren dan enak dibaca, sehingga isi buku menarik dan ada peluang laku maka penerbit akan menghubungi kita. Rata-rata 3 bulan waktunya. Jadi tidak bisa cepat. kecuali akan diterbitkan dengan biaya sendiri di penerbit indie.

Berbagai momentum  terjadi dan kita alami di sekitar  kita, sayang jika tidak diabadikan dalam tulisan. Karena tulisan itu akan menjadi penanda sejarah bahwa kita pernah melakukan sesuatu. Demikian rangkuman materi dari Omjay, semoga bermanfaat bagi kita semua yang sudah berniat mewujudkan menghasilkan karya berupa buku yang ‘nikmat’ untuk dibaca.
           
                                                Purbalingga, 13 April 2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

28. Ketika Bukumu ditolak penerbit mayor

Pulang Bu!

25. Berbagi Pengalaman Menjadi Pemenang Inobel