4. Menulis Buku dalam Seminggu


RESUME BELAJAR MENULIS GELOMBANG 9
Pertemuan Ke-4
Hari/Tanggal               : Senin, 13 April 2020
Waktu                         : Pukul 19.00 s/d 21.00 WIB
Nara Sumber               : Prof. Eko Indrajit
Materi                          : Menulis Buku dalam Seminggu
Peresume                     : Suhastari Yuliana, S.Pd.AUD

Materi malam ini disampaikan oleh Prof. Eko Indrajit, Beliau adalah seorang pembicara nasional dan internasional serta pengurus besar PGRI, sebagai kepala smart learning and character center PGRI. Richardus Eko Indrajit merupakan pakar teknologi yang berbakat. Tak hanya sebagai pakar, narasumber berbagai seminar, ia juga seorang akademisi sekaligus penulis puluhan judul buku dan ratusan jurnal ilmiah yang telah dipublikasikan tingkat nasional maupun internasional. Berikut rangkuman materinya.

Kecintaan Prof. Ekoji pada kegiatan mengajar sudah dimulai sejak di sekolah dasar, mengajar sudah menjadi hobby nya dari kecil. sehingga tidak ada hari tanpa mengajar.
Mulai dari mengajar sandi-sandi pramuka, cara main sulap kartu, membuat perangkat elektronik, dan lain sebagainya. Hingga akhirnya jadi dosen sekaligus konsultan seperti sekarang ini. mengajar  berbagai ilmu serta pengalaman sudah menjadi DNA.

Pada saat pandemic covid, beliau tidak bisa lagi mengajar secara langsung tatap muka. Maka pada hari ke-5 lockdown, beliau memutuskan untuk mengajar via streaming YouTube, kemudian dibuatlah EKOJI CHANNEL. Semuanya dimulai pada tanggal 20 Maret 2020. Beliau mengikuti seminar virtual gratis, jika berkenan memesan e-sertifikat, dikenakan biaya tambahan Rp10,000,00  untuk membayar teman-teman yang membantu administrasi. Ketika seminar pertama tersebut yang ikut 600 orang, dan hingga saat ini yang menonton youtube sasudah 6,000 orang untuk tema pertama yang namanya DIGITAL MINDSET. Akhirnya mulai tanggal 24 Maret 2020 sampai sekarang, setiap hari jam 8 pagi, Beliau melakukan seminar 1-2 jam di Youtube Streaming untuk siapa saja yang tertarik.
 Prof  kemudian mengeluarkan sertifikat seminar di youtube dari ide sederhana, yaitu setiap dosen harus membuat laporan kum untuk kenaikan jabatan akademik. Biasanya mereka harus mengikuti seminar dengan bukti sertifikat, dengan adanya pandemi ini, semua seminar  dibatalkan, artinya ada dua. mereka tidak bisa mendapatkan sertifikat (yang artinya akan kesulitan naik jabatan akademik), dan beliau sendiri kehilangan pemasukan. karena pemasukan  70 persen dari seminar, workshop, lokakarya, konsultasi dsb.

Awal beliau menulis  disuruh mahasiswa, karena ada krisis ekonomi 1998, sehingga mahasiswa S2 tidak sanggup membeli buku dalam mata uang dolar. akhirnya buku  yang pertama terbit adalah RINGKASAN dari 50 buku bahasa Inggris yang dipinjam dari perpustakaan. untuk meringankan beban mahasiswa yang diajar. Judulnya adalah Manajemen Sistem dan Teknologi Informasi. Diterbitkan oleh Elex Media Komputindo, ternyata buku tersebut  menjadi best seller. Akhirnya beliau yang dulu ketagihan mengajar, menjadi ketagihan menulis.beliau sudah menulis lebih dari 75 buku yang diterbitkan dan ratusan artikel di era millennium, kebanaykan buku dan tulisan  dibagikan secara gratis

Trik Menulis buku dalam seminggu,
Silakan bukan dan subscribe EKOJI CHANNEL.anda akan melihat beberapa presentasi beliau semenjak tanggal 20 Maret 2020 yang lalu. kemudian pilihlah yang menarik perhatian anda (sesuai yang relatif anda SUKA dan KUASAI). kemudian  kasih waktu satu minggu untuk menjawab 6 pertanyaan sederhana mengenai topik yang dibahas, yaitu: 5W1H. Misalnya judulnya DIGITAL MINDSET. maka anda menjawab pertanyaan (dalam bentuk tulisan) sebagai berikut :
 1: APA yang dimaksud dengan digital mindset.
2. MENGAPA digital mindset dibutuhkan
3. SIAPA yang harus berubah mindsetnya
4. DIMANA digital mindset harus diterapkan
5. KAPAN digital mindset diterapkan
 6. BAGAIMANA cara menerapkannya.
Satu hari tulis satu, berarti hari keenam sudah jadi.  Di hari ketujuh, tulisan Prof. akan  ditambah-tambahkan sana sini. Kemudian beliau akan LANGSUNG terbitkan dengan e-ISBN resmi dari perusahaan publikasinya yang di Yogyakarta, yaitu CV PREINEXUS yang bermitra dengan penerbit lama Graha Ilmu. Anda adalah penulis pertamanya, Prof.  penulis keduanya. Kalau ternyata e-bukunya laku (kita jual di situs EKOJI CHANNEL dengan harga murah meriah, karena yang penting banyak yang membeli). Agar menarik, semua royalti jadi milik anda. kalau ternyata banyak yang laku, kita terbitkan versi kedua dalam bentuk fisik sehingga anda mendapat ISBN.

Pendapat beliau ketika ditanya  mana yang lebih enak menjadi penulis atau YouTuber, beliau menjawab dulu menjadi penulis karena masih banyak waktu luang. dan waktu itu belum ada internet.  Sekarang karena waktu yang  terbatas, maka beliau  melakukan kombinasi. kalau Sabtu Minggu beliau menulis, kalau hari biasa beliau menjadi Youtuber. Baginya buku dan youtube adalah MARKETING BROCHURE atau MARKETING TOOLS. karena orang mengenal kita, baru mereka mengundang kita untuk bicara di acara mereka. dari situlah beliau menghidupi keluarga  hingga saat ini.

Modal utama  Prof. sehingga menjadi kekuatan bagi  beliau untuk terus bisa menulis seperti sekarang adalah cita-citanya  ingin berkeliling Indonesia melihat keindahan kota-kotanya, tetapi dibayari oleh orang lain. Setelah menjadi penulis, tiba-tiba undangan seminar ke sana-sini menggila. akhirnya dari tahun 1998 sampai 2003, beliau sudah berkunjung ke 27 provinsi ketika itu. Kemudian cita-cita berubah. ingin bisa berkeliling dunia, dibayari orang lain. mulailah beliau mengunggah tulisan serta powerpoint (biasanya powerpoint dalam bahasa Inggris) ke internet. Dan ternyata ada undangan dari beberapa negara. Jadi motivasi beliau adalah ingin berkeliling dunia gratis dibayari orang lain, karena ingin melihat berbagai keindahan ciptaan Yang Maha Kuasa. Sampai saat ini beliau telah mengunjungi 73 negara. Masih lebih dari 100 negara lagi yang beliau ingin lihat. sehingga sekarang  tetap menulis dan menjadi youtuber.

Dengan jadwal yang padat dan super sibuk, beliau tetap bisa mengatur waktu untuk menulis, menurutnya jika kita menyenangi yang kita kerjakan, pasti waktu dapat dialokasikan. Sebelum tidur biasakan untuk membuat 3-5 halaman tulisan, karena sudah sangat terbiasa kalau belum menulis, beliau malah tidak bisa tidur. Paling tidak alokasikan hari Sabtu dan Minggu, buatlah menulis sebagai sesuati yang PENTING dan GENTING, sehingga harus segera dikerjakan, itu namanya prioritas. Menulis adalah masalah jam terbang. semakin anda sering terbang, akan semakin mulus take offl terbang, dan landingnya

Menurut beliau prinsip 5WH adalah untuk penulis awal yang ingin belajar menulis. karena sifatnya deskriptif,tetapi sangat filosofis. setiap isu apapun, secara filsafat, harus bisa dijelaskan dalam 5W1H. kalau sudah biasa menulis deskriptif, barulah mulai menulis yang sifatnya: eksploratif, komparatif, arguentatif, persuasif, dan lain sebagainya.

Mengenai tugas editor, menurut beliau editor lebih sulit pekerjaannya dibandingkan dengan penulis. karena yang diedit tidak sekedar bahasanya, tetapi yang penting adalah pesan yang ingin disampaikan ke target audiens terentu benar-benar tersampaikan secara efektif dan efisien. Jadi selain ilmu bahasa, seorang editor ulung harus memiliki kompetensi psikologis, linguistik, marketing, pedagogik (untuk buku pendidikan), dan komunikasi.

Beliu juga senang membuat puisi dan lagu, menurutnya yang perlu diperhatikan buatlah tulisan yang tidak membuat orang lain sedih karena kita menyampaikan hal-hal yang buruk atau jelek. Hal ini akan mendatangkan energi negative yang bisa mengganggu kehidupan masa kini dan mendatang.

Agar pemikiran senantiasa fokus pada apa yang akan dituliskan, maka jangan menulis terlampau lama (kecuali anda membuat penelitian atau tulisan dokumenter). Paling lambat 100 hari sudah harus jadi. Karena kalau lama-lama, kita kehilangan folkus, dan ilmu yang mau kita sharing sudah berkembang dan berganti lagi isunya.
Pilihlah satu judul yang sedang trend, bahas dari sisi yang tidak pernah terlihat orang lain. misalnya masalah COVID-19, belum pernah melihat orang yang melihat COVID-19 dari sisi peluang, semua membicarakan masalah ancaman, kesedihan, ketakutan, dan lainnya. anak-anak jaman sekarang bilang: ANTI MAINSTREAM.

Untuk  menerbitkan buku bagi penulis pemula sekarang tidak seperti dulu. Dulu kita yang butuh penerbit. sekarang penerbit yang butuh kita, karena saingan mereka adalah internet. Jadi tidak usah takut, anda buat buku, tawarkan ke semua pemerbit. kalau tidak ada yang mau, beliau yang menerbitkan, dengan syarat  semua tulisan  masukan ke cek plagiarism, sejauh 80 persen orisinal, langsung akan diterbitkan.

Untuk menilai baik tidaknya sebuah buku bisa dilihat dari kepuasan pembaca. karena pembaca yang puas, akan merefer ke orang lain. akibatnya buku habis dibeli. dan dicetak lagi,  intinya setiap buku punya target audiens yang ingin diraih. selagi mereka merasa mendapatkan sesuatu, berarti buku tersebut baik adanya  (secara etika manfaat yang dirasa adalah yang baik-baik, bukan dalam hal buruk).

Demikia resume materi malam ini semoga semakin meneguhkan niat kita untuk menjadi penulis dan YouTuber aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

28. Ketika Bukumu ditolak penerbit mayor

Pulang Bu!

25. Berbagi Pengalaman Menjadi Pemenang Inobel