10. Pembelajaran Daring yang Ideal


RESUME BELAJAR MENULIS GELOMBANG 9
Pertemuan Ke-10
Hari/Tanggal             : Selasa, 21 April 2020
Waktu                         : Pukul 19.00 s/d 21.00 WIB
Nara Sumber            : Wijaya Kusumah
Materi                         : Pembelajaran Daring Yang Ideal
Peresume                  : Suhastari Yuliana, S.Pd.AUD

Sebelum masuk materi, pertama saya ingin menyampaikan Selamat Hari Kartini untuk para wanita tangguh di Indonesia. Selamat Hari Kartini untuk para ibu pendidik dari semua jenjang di seluruh Indonesia. Semoga Kartini-Kartini masa kini semakin menginspirasi.

Materi malam ini kembali disajikan oleh founder  Belajar Menulis lewat Grup WA, bapak Wijaya Kusumah, pria tambun yang lebih akrab disapa Omjay. Pada kesempatan malam ini, Omjay mengajak peserta untuk tatap wajah  via aplikasi ZOOM Cloud Meeting, web meeting sedang populer.

Malam ini adalah pengalaman pertama saya menggunakan aplikasi ZOOM, maklum karena belum paham saya pun membuka goegle untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi ini. Bermodal nekat saya mengikuti langkah-langkah yang disampaikan, sambil bertanya kepada teman satu kota, apakah mereka sudah berhasil bergabung dalam pembelajaran malam ini. Ternyata mereka juga mengalami nasib yang sama dengan saya, baru pertama kali mengenal ZOOM. Alhamdulillah sesuai petunjuk saya berhasil masuk, tetapi baru beberapa saat saya terputus. Berkali-kali saya mencoba masuk lagi, tetap gagal. Mungkin karena internet yang lemot atau saya yang belum paham.

Akhirnya saya tidak bisa mengikuti kegiatan ini, dan saya putuskan untuk membaca materi yang Omjay share di grup wa tentang Pembelajaran Daring yang Ideal. Omjay memberikan kata-kata kunci pada tiap slide seputar metode dan nasehat belajar daring. Pesan penting di awal slide adalah “Jangan Menunggu Ide Datang Lalu Baru Menulis, Menulislah Dulu Maka Ide Akan Datang Padamu.” (Budiman Hakim). Mulailah menulis dengan membuat buku digital. Selama hidup minimal buatlah satu buku. Bisa juga menulis storytelling. Selain menggunakan zoom, kuliah online bisa juga dengan menggunakan Youtube seperti yang dilakukan oleh prof. Eko Indrajid.
Motivasi-motivasi dari Omjay disajikan dalam bentuk penggalan informasi di slide, disisipkan pula pesan penting terkait Covid-19 dan dampaknya.
Untuk menghasilkan pembelajaran daring yang ideal, semua tergantung pada guru dalam memilih aplikasi yang digunakan. Setidaknya guru harus memilih aplikasi yang dikuasai dan dianggap lebih mudah asalkan sudah bisa digunakan sebagai pembelajaran daring dari rumah.
Jika guru menggunakan aplikasi yang tidak benar-benar dikuasai maka justru akan mempersulit guru dalam melaksanakan pembelajaran online. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. tidak ada aplikasi yang benar-benar sempurna karena kesempurnaan itu hanya milik Allah semata. Oleh karena itu guru dapat mempergunakan beberapa aplikasi untuk saling melengkapi sehingga terjadilah pembelajaran daring yang ideal.

Alhamdulillah, dengan mengikuti kegiatan belajar Menulis Bersama Omjay wawasan tentang pembelajaran daring menjadi bertambah, semoga bermanfaat.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

28. Ketika Bukumu ditolak penerbit mayor

Pulang Bu!

25. Berbagi Pengalaman Menjadi Pemenang Inobel