Resensi Buku Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi


RESENSI BUKU OLEH SUHASTARI YULIANA

IDENTITAS BUKU
·         Judul Buku                  : Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi
·         Penulis                         : Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd.
·         Penerbit                       : Indeks
·         Tahun Terbit               : 2012
·         Tebal Halaman            : 290 halaman

SINOPSIS BUKU
Buku Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi menceritakan pengalaman penulis dalam menulis setiap hari. Penulis berkomitmen tinggi untuk menulis setiap hari, melalui proses yang alamiah, sehingga lahirlah tulisan-tulisan yang tidak pernah sepi dari pembaca. Dari seorang guru yang dahulu tidak bisa menulis, kini sudah mampu menulis ilmiah karena melalui proses menulis setiap hari. Dari menulis setiap hari ada pesan yang disampaikan ke khalayak ramai agar bermanfaat. Dalam bukunya penulis banyak memberi motivasi dan trik menulis yang efektif, berdasarkan pengalamannya.

ISI RESENSI
Menulis dan membaca adalah dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Tidak ada penulis yang tidak rajin membaca. Baca buku buka dunia bukan hanya slogan semata. Ketika kita membaca sebuah buku, maka akan ada ilmu baru yang didapatkan. Setidaknya ada wawasan baru yang kita peroleh dari pesan penulisnya.
Lahap membaca akan membuat Anda menjadi gemuk menulis. Anda pun akan menjadi penulis hebat bila mampu menuangkannya dalam gaya bahasa Anda sendiri. Rajin membaca akan membuat Anda kuat menulis. Ada saja ide datang seketika untuk menulis. Dari apa yang dibaca dan dilihat, bila Anda menuliskannya kembali akan memberi manfaat untuk pembaca.
Menulis akan lancar bagaikan air mengalir manakala kita sudah membiasakan diri menulis setiap hari. Biasakan menulis dalam keadaan hati senang. Ketika menulis menjadi sebuah kebutuhan, maka jiwa dan raga dengan sendirinya bergerak untuk membuat sebuah tulisan yang bermakana, dan membuat orang tertarik untuk membacanya. Buatlah tulisan yang memberi informasi, buah pikiran , pandangan yang mudah, bisa dilaksanakan dan menggembirakan. Jangan menulis sesuatu yang membuat orang lain sakit atau susah.
Ketika menulis terasa renyah, akan membuat penulis dan pembaca merasa puas melahap habis apa yang dituliskan. Kelezatan sebuah tulisan akan terasa jika penulisnya menuliskan dengan sepenuh hati.
Pentingnya memiliki teman dekat yang akan  membuat Anda memiliki sahabat dalam mendiskusikan apa yang anda tuliskan. Dari mereka kita mendapatkan kritik dan masukan yang akan membuat buku menjadi lebih bagus dan berkualitas.
Suatu kebanggaan tersendiri, ketika penulis bertemu dengan pembaca setianya, begitu pun sebaliknya. Apalagi bila pertemuan itu tidak terduga, itu merupakan kebahagiaan yang tak terkira di antara mereka.

Orang kreatif selalu menciptakan hal-hal baru. Dia akan berusaha menjadi pelopor dalam inovasi terbaru. Berikut kiat-kiat menjadi penulis kaya :
1.      Banyak belajar
2.      Tidak tersinggung bila dikritik
3.      Ada ide-ide inovatif
Menulis kreatif jelas berbeda dengan menulis efektif. Menulis kreatif dihasilkan dari sesuatu yang baru dan inovatif. Sedangkan menulis efektif adalah menulis padat, singkat, jelas dan tidak memboroskan kata-kata.
Tips Menulis efektif dari penulis sebagai seoarang blogger :
1.      Tuliskan apa saja yang ada di depan mata
2.      Tentukan tujuan menulis
3.      Siapa pembaca yang Anda tuju untuk tulisan ini
4.      Pesan apa yang ingin disampaikan
5.      Biarkan jari jemari menari menyelesaikan irama nada dalam otak Anda
6.      Simpan dulu jangan langsung diposting
7.      Buka Kembali tulisan dan bacalah perlahan-lahan
8.      Tambahkan beberapa kata efektif yang membuat pesan Anda sampai
9.      Simpan Kembali, jangan dulu dipublsh. Cek Kembali
10.  Buka Kembali dan baca dengan hati-hati, jika sudah yakin, maka posting

Tips menulis mudah
1.      Jangan menulis ketika sudah mengantuk
2.      Banyak membaca
3.      Tuliskan saja apa yang Anda rasakan
4.      Lakukan proses editing

Cara terbaik menggunakan waktu adalah dengan segera melakukan tindakan dan buang kemalasan. Kemampuan dan pikiran harus disatukan untuk melakukan tindakan nyata dan bukan sekedar kata-kata. Semakin banyak menulis, orang akan semakin bijaksana, matang dalam berpikir serta bijak dalam bertindak. Untuk bisa menulis dengan baik orang harus memiliki kemampuan mendengarkan, berbicara dan membaca. Tanpa ketiga kemampuan iti maka menulis akan memnajdi beban. Karena menulis membutuhkan bahan bacaan, bahan omongan ,dan bahan lainnya dari apa yang kita dengar.

Perkembangan teknologi semakin maju, hendaknya setiap guru bisa memanfaatkannya dengan baik agar tidak ketinggalan informasi. Jangan sampai gurunya GAPTEK, sementara anak didik sudah mahir dalam menggunakan teknologi dan mengakses berbagai informasi. Manfaatkan internet dengan sehat untuk mempubikasikan karya. Internet sehat mengajarkan Anda menjadi hebat. Anda tidak hanya diminta mencari informasi, tetapi juga membuat informasi
 Buku adalah temanku dan internat adalah sahabat informasiku. Biasakan membaca buku, dengan membaca akan mendapatkan informasi yang bisa kita sebarkan ke seluruh dunia melalui internet.

Tips praktis menulis artikel di blog
1.      Temukan tema yang menarik
2.      Buat kerangka tulisan
3.      Cari data penunjang
4.      Susun dengan runtut
5.      Gunakan Bahasa yang menarik
6.      Beri kesan penting
7.      Beri ilustrasi/foto yang keren
8.      Jangan takut memposting
9.      Diary-mu sumber ide
10.  Mulai dari hal kecil, mulai dari diri sendiri, dan mulai saat ini (3m)

Kiat membangun blog pembelajaran
1.      Kemauan
2.      Kerja keras
3.      Kerja cerdas
4.      Kerja ikhlas
5.      Kerja tuntas
6.      Koneksi
7.      Komitmen
8.      Konsinten
9.      Kreativitas
10.  Kredibel
11.  Kolaburatif

Menulis sesuatu yang berkualitas butuh proses kreativitas, sebab :
1.      Agar dapat menulis setiap hari , Anda harus memaksa diri sendiri untuk konsisten dan komitmenn dalam melakukan proses menulis.
2.      Menulis seperti belajar sepeda. Susah pada awalnya namun akan lancer jika terus berlatih
3.      Jangan pernah berhenti menulis
4.      Jadikan menulis sebagai sebuah kebutuhan, seperti makan. Kita akan lapar bila tidak menulis dan membaca
5.      Jadikan kegiatan menulis sebagai kegiatan di bawah alam sadar , yang akan membuat diri seperti mendapatkan energi tambahan.

Ketika ide menulis macet, maka saatnya Anda beristirahat sejenak, dan biarkan pikiran Anda menerawang jauh dan menemukan ide yang cemerlang. Bacalah tulisan penulis hebat lainnya, pasti akan banyak ditemukan ide-ide bagus dari tulisan mereka.
Menulis ada hampir dalam semua profesi, jadi menulis sebenarnya gampang. Menulis menjadi sulit karena banyak aturan yang kita buat sendiri. Cara paling mudah membuat buku adalah melakukan kegiatan tulis-menulis setiap hari dengan konsisten yang tinggi.
Harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan kebakikan. Menulislah untuk berbagi kebajikan. Jangan biarkan ilmu para guru tenggelam dalam air dan tak muncul ke permukaan karena diam saja tak mau bergerak

KELEBIHAN BUKU
Penulis membawakan karya ini dengan bahasa yang mudah dimengerti, penuh motivasi dan tips agar mudah dalam menulis

KEKURANGAN BUKU
Buku ini merupakan kumpulan catatan harian penulis sehingga banyak kalimat yang diulang dalam beberapa artikel

Demikian resensi buku ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

28. Ketika Bukumu ditolak penerbit mayor

Pulang Bu!

25. Berbagi Pengalaman Menjadi Pemenang Inobel